Resep Masakan Populer , Sate Gulung Sosis, Sosis Telur, Sate Telur Gulung Sosis Krispi


Resep Masakan  Populer , Sate Gulung Sosis, Sosis Telur, Sate Telur Gulung Sosis Krispi

Resep Masakan  Populer , Sate Gulung Sosis, Sosis Telur, Sate Telur Gulung Sosis Krispi. Di bawah ini adalah tiga resep jajanan yang saat ini cukup populer di kalangan anak-anak bahkan orang dewasapun banyak yang menyukainya karena rasa dan kelezatannya. Tiga resep jajanan yang sudah dikenal oleh khususnya anak-anak tersebut adalah Sate gulung sosis, Sosis telur dan sate telur gulung sosis krispi. Nah buat anda ibu-ibu dirumah yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah silahkan simak resep selengkapnya berikut dibawah ini:


"Resep Masakan  Populer 2019"
Lihat Yang Terbaru:

Resep Masakan  Populer 
1. Resep Sosis Telur

Bahan Bumbu Sostel :
Telur 6 butir
Sosis 12 pcs
Wortel 4 buah
Kol secukupnya
Daun bawang 2 batang, iris halus
Royco penyedap rasa 1 bungkus
Lada bubuk 1 sendok teh
Bon cabe secukupnya, jika suka

Cara Dan Langkah Membuat Sostel Sosis Telur :
Parut wortel kecil kecil, lanjut iris kol dan daun bawang.
Selanjutnya kocok telur berserta royko, bon cabai secukupnya dan lada bubuk.
Masukan sosis satu persatu ke dalam loyang lonjong atau cetakan es krim, lalu masukan sayuran yang sudah diiris tadi isi sesuai selera.
Setelah semua terisi sosis dan sayuran, masukan kocokan telur perlahan secukupnya.
Masukan kedalam kukusan, kukus kurang lebih selama 8 menit.
Keluarkan dari loyang atau cetakan, lalu tiriskan. Tusuk dengan tusukan sate.
Bisa langsung di makan atau di goreng lagi dan dii sajikan dengan saus lengkap dengan mayonaisnya.

Nah mudah bukan proses pembuatan sostel ini? Mulai sekarang katakan stop membeli sostel di pedagang keliling maupun penjual di jajanan mall! Karena pastinya lebih hemat dan irit dibanding membelinya dengan harga 7-15rb per sate sostel. Mari kita lihat resep cara membuat Sate gulung sosis di bawah ini :

2. Resep Sate Gulung Sosis

Bahan Bumbu Telur Gulung :
Telur 4 butir
Air 90 mili liter
Kaldu ayam 1 blok
Garam 1 sendok teh
Bawang putih 2 siung, haluskan
Lada bubuk 1/2 sendok teh
Sosis 3 buah (potong jadi dua, masing-masing potongan di belah empat. Jadi 1 sosis bisa jadi 8 potong, total 24 potong)
Tusuk sate 24 pcs

Bahan dan Alat Untuk Menggoreng Telur Gulung :
Minyak goreng secukupnya
Rantang tebal atau panci seukuran rantang untuk menggoreng (saya sengaja pakai rantang, biar minyaknya lebih irit)

Proses Dan Cara  Pembuatan Sate Telur Gulung Isi Sosis :

1.Pertama-tama ambil satu potongan sosis, tusuk ke tusukan sate pelan-pelan. Pastikan sebagian ujung tusuk satenya lebih pipih sehingga potongan sosis bisa masuk semua dengan sempurna. Lakukan sampai habis, sisihkan.

2.Masukkan bahan telur dan bumbu ke dalam sebuah wadah. Kocok telur sampai rata, pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

3.Tempatkan panci rantang di atas kompor, tuangi minyak sampai 3/4-nya. Pastikan ketika tusuk satenya dicelupkan ke dalam minya, sosisnya terendam semua.

4.Selanjutnya panaskan minyak dengan menggunakan api sedang sampai benar-benar panas. Lalu celupkan 1/2 batang tusuk sate dengan tetap dipegang, diamkan sebentar sampai sosis matang.

5.Lalu dengan posisi tusuk sate masih terendam di minyak, tuang kocokan telur secukupnya sambil di aduk-aduk dengan arah melingkar pakai tusuk sate. Gulung secepatnya ke pinggir rantang untuk membantu telur tergulung dengan rapi. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat.

6.Lakukan proses menggoreng sampai selesai. Tata sate telur isi sosis di atas tisu makan untuk mengurangi minyak yang menempel di telur gulung.
Jika suka bisa potong gagang sate lebih pendek lagi. Jadi lebih rapi dan tidak terlalu kepanjangan saat di sajikan.  Sajikan selagi hangat dengan saos sambal atau mayonaise sesuai selera.

Nah, bagaimana sekarang ?  mudah bukan ibu2 dirumah sekarang dapat mencoba  membuatnya  sendiri dengan kreatifitas beriktrnya silahkan simak resep berikut Sate telur gulung sosis krispi di bawah ini:

3.Resep Sate Telur Gulung Sosis Krispi :

Bahan pentol cilok :
50 gram tepung aci/tapioka/kanji
50 gram tepung terigu
1 siung bawang putih (ukuran kecil), haluskan
1/2 sdt garam, 1/4 sdt lada, dan 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesuai selera
1/2 batang daun bawang, iris tipis
125 ml air

Bahan saus sambal :
2 buah cabe merah besar (bisa tambahkan cabe rawit atau bubuk cabe untuk saus yang pedas)
2 sdm saus tomat
3 sdm saus sambal
1 siung bawang putih
1 sdt garam, 1 sdt gula pasir dan 1/2 sdt penyedap
Secukupnya air kurang lebih 350 ml
1 sdm tepung tapioka atau maizena larutkan dengan sedikit air

Bahan telur gulung :
3 butir telur ayam + 100 ml air
garam dan kaldu bubuk secukupnya
bisa tambahkan sekitar 1 sdt tepung tapioka jika ingin mengurangi resiko gagal

Cara Membuat Pentol Cilok Mini :

1.Siapkan wadah, lalu campurkan tepung aci dan terigu, bawang putih halus, garam, lada, kaldu bubuk dan irisan daun bawang, aduk rata.

2.Masak 125 ml air sampai benar mendidih, langsung segera tuangkan dalam adonan kemudian aduk rata menggunakan sendok. Setelah panasnya mendingan, selanjutnya uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis dan bisa dibentuk. Pulung adonan, lalu bentuk menjadi bulat-bulat kecil.

3.Didihkan air secukupnya dalam panci, rebus bulatan cilok sampai mengapung dan matang, angkat dan tiriskan. Berikutnya tata pada tusukan sate masing-masing 5 buah, sisihkan.

Cara Membuat Saus Sambal :

1.Cabe merah besar (bisa tambahkan cabe rawit) direbus dengan air secukupnya atau goreng dalam minyak panas sampai layu, tujuannya untuk menghilangkan langu atau bau cabe mentah karena saus hanya dimasak hanya sebentar saja.

2.Haluskan cabe dan bawang putih beserta garam, kemudian campurkan bersama bahan-bahan lainnya dalam wajan atau panci, termasuk air kecuali tepung aci. Jadi bisa sesuaikan takaran air dengan keenceran saos yang diinginkan, aduk rata kemudian nyalakan api (cicipi untuk menyesuaikan rasa).

3.Setelah mendidih, masukkan larutan tepung aci serta aduk-aduk hingga mengental lalu matikan api.

Cara Membuat Cilor Gulung :

1.Kocok telur, garam, kaldu bubuk dan air hingga benar-benar tercampur merata, dapat menggunakan whisk atau dikocok dalam botol.

2.Panaskan minyak yang banyak dalam wajan cekung, gunakan api sedang cenderung kecil supaya telur tidak cepat kering ketika dituangkan.

3.Setelah panas, celupkan sate cilok dalam minyak panas hingga muncul gelembung-gelembung, kemudian tuang 1 centong kocokan telur dari ketinggian supaya buyar (lihat video di atas). Segera gulung selagi telur masih basah, lakukan dengan cepat sambil terus memutar mengumpulkan telurnya, karena jika terlambat telur keburu garing dan sulit bahkan tidak bisa digulung.

4.Setelah terkumpul, tempelkan ke pinggiran wajan sambil diputar untuk memadatkannya. Cilor gulung atau telur gulung cilok siap disajikan dengan celupan saos sambalnya.