Resep Masakan Ayam Kremes 2019, Ayam Sempol, Ayam Krispi Dan Saus Sambal


Resep Masakan Ayam Kremes 2019, Ayam Sempol, Ayam Krispi Dan Saus Sambal

Resep Masakan Ayam Kremes 2019, Ayam Sempol, Ayam Krispi Dan Saus SambalSempol ayam juga merupakan jenis gorengan yang banyak dijual abang abang untuk jajanan anak sekolah maupun untuk jualan pinggir jalan. Karena kepopulerannya, tentunya bisa menjadi salah satu ide untuk usaha, yang biasa disajikan dengan celupan saos sambal maupun sambal kacang. Sempolan bertekstur kenyal empuk karena terbuat dari tepung tapioka, bisa dicampur ikan maupun daging ayam untuk bikin sempol ayam seperti pada kali ini. Perbandingan antara tapioka dan ayam bisa disesuaikan, bisa gunakan sedikit ayam untuk yang ekonomis, namun semakin banyak perbandingan daging ayam yang digunakan tentunya akan semakin enak dan berasa gurih. Sedangkan untuk sempol ayam crispy tinggal dibalut dengan tepung roti atau panir kasar sebelum digoreng.


"ayam sempol"


Kunjungi resep terbaru:

Bahan sempol ayam :

    400 gram daging ayam fillet atau buang tulang, potong-potong sebelum digiling
    150 gram tepung tapioka
    1 butir telur
    1 buah wortel, diserut
    7 butir bawang merah
    5 siung bawang putih
    3 sdm bawang merah goreng
    1 sdt garam
    ½ sdt lada/merica bubuk
    ½ sdt kaldu bubuk/penyedap rasa

Pelapis : 1 butir telur (kocok lepas) dan secukupnya tepung roti/panir kasar

Bahan saus sambal :

    8 buah cabe keriting merah
    3 buah cabe merah besar
    2 siung bawang putih
    1 buah bawang bombay, iris dadu
    1 buah tomat
    ½ buah air jeruk nipis
    2 sdm saus tomat
    1 sdm saus sambal
    1 sdm cabe bubuk (boncabe)
    ½ sdt garam
    2 sdm gula pasir
    250 ml air atau dengan keenceran sesuai selera

Cara Membuat Sempol Ayam :

Haluskan/giling daging ayam serta semua bahan bumbu sempol lainnya. Jika menggunakan chopper, masukkan potongan daging ayam dan semua bahan lainnya kecuali tepung, lalu giling hingga halus.

Setelah halus, masukkan tepung kemudian aduk rata atau giling lagi dengan chopper agar mudah tercampur merata. Adonan sempol sudah siap untuk dibentuk.

Ambil secukupnya adonan (ukuran sesuai selera) tuang pada satu telapak tangan, letakkan lidi atau tusuk sate di tengah adonan, kemudian sedikit kepal-kepal atau padat-padatkan adonan menggunakan jari-jari sehingga menempel di lidi dan berbentuk agak lonjong.

Setiap selesai membentuk cemplungkan ke dalam panci berisi air secukupnya yang sudah mendidih, tunggu hingga mengapung dan matang lalu angkat dan tiriskan.

Selanjutnya menggoreng sempol; celupkan sempol ke dalam kocokan telur (atau bisa juga sempol digoreng dahulu setengah matang). Setelah rata dengan telur, baru goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan, sedangkan untuk sempol ayam crispy gulingkan dahulu pada tepung roti, lalu goreng hingga matang merata.

Cara Membuat Saus Sambal :

Agar saus sambal tidak beresiko beraroma langu atau bau cabe mentah, cabe dapat direbus atau digoreng dahulu hingga layu. Setelah itu haluskan bersama bawang putih dan tomat atau pakai blender bersama 150 ml air, sisihkan.

Panaskan wajan, lalu tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan bumbu halus beserta bahan dan bumbu lainnya, tambahkan 100 ml air atau dengan keenceran sesuai selera sambil sesuaikan rasanya, aduk rata.

Sempol ayam sudah siap disajikan dengan cocolan saus sambal.

 Bahan dan bumbu ayam kremes :

    1 ekor ayam, bersihkan dan potong menurut selera
    1 liter air
    2 batang serai
    2 lembar daun salam
    3 lembar daun jeruk
    1 buah jeruk nipis, peras airnya untuk lumuran
    ½ sdm penyedap
    1 sdm garam
    Secukupnya minyak goreng

Bumbu halus :

    1 sdm ketumbar
    20 gram kemiri
    2 jari kunyit
    3 cm jahe
    3 cm lengkuas
    5 siung bawang putih
    9 butir bawang merah

Bahan adonan kremes :

    125 gram tepung tapioka/kanji/aci
    30 gram tepung beras
    400 ml air sisa rebusan ayam (saring, tambahkan air bila kurang)
    1 kuning telur
    ½ sdt garam
    ½ sdt baking powder

Cara Membuat Ayam Kremes :

Langkah pertama membuat ayam kremes, yaitu mengungkep atau merebus ayam bersama bumbu-bumbu sebelum digoreng supaya dagingnya enak empuk dan juga gurih serta beraroma.

Sedangkan selain tips komposisi bahan dalam cara membuat kremesan yang renyah, kita juga bisa tambahkan sisa air rebusan ayam bersama bumbu tadi sehingga lebih berasa gurih. Untuk ulasan lebih lengkap silahkan simak tahap demi tahap beserta gambar di bawah ini :

1. Potong-potong daging ayam menurut selera, cuci bersih lalu lumuri dengan air jeruk nipis.

Bumbu ayam kremes

2. Tuang air dalam sebuah panci, masukkan bumbu halus, serai, daun salam dan daun jeruk. Setelah itu masukkan potongan ayam dan beri garam serta sedikit penyedap atau kaldu bubuk agar tambah gurih, aduk rata.

3. Berikutnya ungkep atau rebus ayam bersama bumbu tersebut hingga empuk dan matang, pisahkan air rebusan sebagai air kaldu berbumbu. Kemudian saring air kaldu sebanyak 400 ml, tambahkan air jika kurang.

4. Angkat daging ayam dari bumbu lalu biarkan sesaat supaya agak dingin dan bumbu kian menyerap, selanjutnya tinggal goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

5. Cara membuat kremes; Campurkan tepung tapioka dan tepung beras, garam, dan kuning telur, lalu tuang 400 ml air kaldu serta aduk hingga merata. Saring agar tidak ada gumpalan, selanjutnya masukkan baking powder dan aduk hingga adonan benar-benar rata.

Cara Membuat Kremesan

6. Panaskan minyak goreng dalam wajan (gunakan api sedang), setelah minyak benar-benar panas tuang adonan kremes menggunakan sendok sayur (sebelumnya aduk-aduk terlebih dahulu agar adonan tepungnya tidak menggumpal di bawah).

7. Selanjutnya adonan yang digoreng akan membentuk serupa sarang semut, apabila bagian bawah sudah kering tinggal dibalik atau dilipat.

8. Lakukan terus hingga adonan kremes habis, serta tiriskan dari minyak. Setelah dingin adonan diremukkan lalu taburkan di atas ayam goreng, ayam kremes siap untuk disajikan. Semakin mantap disajikan bersama sambal beserta aneka lalapannya.

Demikian semoga bermanfaat selamat mencobanya